July 27, 2021 By christineberrou.com 0

Analisis Elemen Game Kingdom Hearts: Chain of Memories

Kingdom Hearts Chain of Memories adalah game role-playing aksi orang ketiga yang dibuat oleh Square Enix pada tahun 2004 untuk konsol genggam GameBoy Advance. Mekanika intinya mirip dengan game sebelumnya di PlayStation 2, tetapi mekanisme pendukung unik yang membuat game ini berbeda dari prekuel sebelumnya.

Mekanik inti Kingdom Hearts Chain of Memories pada dasarnya adalah sistem Hack ‘n Slash. Pemain hanya bertarung dan menang tora ccino untuk maju. Mekanik pendukung gim inilah yang meningkatkan dan memperluas mekanika intinya. Selain sebagai role-playing dan hack ‘n slash game, Kingdom Heart COM juga merupakan koleksi permainan kartu yang mengambil peran yang sangat besar selama bermain game dan ini adalah sistem yang digunakan dengan baik dan efektif. Gim ini juga dapat dikategorikan dalam peningkatan karakter untuk mekaniknya.

Selama pertempuran, sistem serangan berbasis kartu dipilih untuk dieksekusi dalam WAKTU NYATA saat pemain bergerak, melompat, dan menghindar di layar pertempuran. Pemain diharuskan untuk menggulir dan memilih berbagai kartu ‘serangan’, ‘sihir’ dan ‘memanggil’ bertarung dengan musuh saat pemain bergerak untuk membidik atau menghindar. Saat kartu habis, pemain harus ‘menyegarkan’ dan mengisi ulang bar untuk mendapatkan setumpuk kartu serangan baru sekali lagi. Ini juga membutuhkan karakter untuk berdiri di tempat untuk sementara waktu, mempertaruhkan kesehatan.

Untuk maju ke ‘kamar’ yang berbeda di level, pemain harus memenangkan pertempuran untuk mendapatkan kartu peta untuk membuka pintu untuk melakukan perjalanan antar kamar. Pilihan warna dan level kartu yang digunakan pemain untuk BUKA pintu ke level berikutnya juga memengaruhi properti level itu sendiri. Kartu warna yang berbeda dan levelnya dapat mempengaruhi jumlah dan jenis musuh, kekuatan kartu pertempuran pemain, dan bahkan membuat save spot dan lebih banyak harta untuk muncul. Ini memberi pemain pendekatan yang lebih non-linear.

Seiring dengan sistem serangan kartu, semuanya tergantung pada level karakter dan poin ‘CP’ mereka. Semakin tinggi levelnya; semakin banyak poin CP, semakin banyak poin ‘CP’; semakin banyak jumlah atau kekuatan kartu yang dapat ditambahkan ke dalam dek saat digunakan dalam pertempuran. Pemain memiliki pilihan untuk memiliki sejumlah kecil kartu dengan serangan kuat (membutuhkan lebih banyak poin CP) atau sejumlah besar dengan serangan yang lebih lemah (membutuhkan lebih sedikit poin CP) tergantung pada level dan poin CP mereka juga. Ada ratusan kartu yang tersedia dalam permainan dan ribuan kombinasi untuk membuat dek yang sempurna dalam pertempuran. Ini benar-benar menciptakan sistem kerja yang kompleks yang memungkinkan dan menyediakan ratusan pilihan bagi pemain selama pertempuran dan saat bepergian melalui level yang berbeda.

Kingdom Hearts Chain of Memories menggunakan sprite untuk grafis gimnya yang paling sering digunakan di gim GameBoy Advance. Tetapi mekanika intinya dan sistem permainannyalah yang membuat game ini begitu populer. Game ini membuktikan bahwa mekanik game yang kuat dapat bekerja dengan konsol genggam paling sederhana yang dibatasi secara ketat dalam grafis dan visual, tetap menghasilkan game yang dapat dimainkan, menyenangkan, dan adiktif. Mekanika permainan sangat populer; remake 3D lengkap dari game ini dibuat untuk PlayStation 2 menggunakan mekanisme game yang sama.

Sistem penyimpanan game SANGAT terbatas namun masuk akal di Kingdom Hearts Chain of Memories dibandingkan dengan game lain. Pertama-tama, save spot (penyimpanan permanen) hanya dapat muncul di level tergantung pada bagaimana pemain membuka pintu KE level tertentu menggunakan kartu yang benar sejak awal. Seperti yang disebutkan sebelumnya, level dipengaruhi pada cara pemain membukanya menggunakan kartu mereka yang diperoleh dalam pertempuran sebelumnya dari level sebelumnya. Pemain dapat menyimpan di slot penyimpanan terbatas dan fungsi penyimpanan otomatis tidak tersedia sama sekali. Alih-alih, penyimpanan cepat tersedia untuk pemain yang perlu istirahat atau tidak dapat bermain terus menerus, tetapi penyimpanan cepat secara otomatis membawa pemain kembali ke layar judul hingga pemain melanjutkan (yang menghapus penyimpanan cepat setelah dimuat ulang). Hal ini menyebabkan para pemain lebih berhati-hati dalam memilih,

Kontrol di GameBoy Advance sangat terbatas (4 tombol arah, 2 tombol, dan 2 tombol bahu). Kingdom Hearts Chain of Memories benar-benar mengadaptasi kontrol gimnya yang rumit menjadi sejumlah kecil tombol yang masih menyediakan kontrol yang mudah digunakan untuk pemula atau menengah. Tidak ada banyak cara untuk mengontrol permainan atau cara untuk menyesuaikan tindakan.