August 12, 2021 By christineberrou.com 0

Pengaruh Ketinggian Terhadap Iklim Khatulistiwa

Iklim Khatulistiwa dicirikan oleh suhu tinggi yang seragam sepanjang tahun, curah hujan yang tinggi dan kelembaban relatif yang tinggi. Ketinggian stasiun yang terletak di zona iklim ini, mengubah iklim secara dramatis dan akibatnya cuaca sejuk dan menyenangkan diamati di stasiun bukit ini sepanjang tahun. Kami akan mengutip beberapa contoh dalam paragraf berikut untuk menjelaskan sudut pandang kami.

Kuala Lumpur (KL) di Malaysia memiliki iklim yang panas dan lembab sepanjang tahun. Bahkan memiliki iklim khas tahun 80-an. Ini berarti suhu rata-rata 80 F sepanjang tahun, kelembaban relatif 80 persen dan curah hujan tahunan total 80 inci. Sekarang Kumpulan berita terlengkap dan terpercaya suhu tinggi dikombinasikan dengan kelembaban relatif tinggi di KL membuat indeks panas tak tertahankan. Untuk menghindari panas ini orang pergi ke dataran tinggi Genting terdekat yang terletak sekitar 6000 kaki di atas permukaan laut dan hanya satu jam perjalanan dari KL.

Kita tahu bahwa suhu menurun dengan ketinggian pada tingkat perkiraan 3 F untuk setiap 1000 kaki. Sehingga suhu di Genting tetap sekitar 20 F lebih rendah dari KL yaitu 60 F sepanjang tahun, membuat cuaca di sana sangat menyenangkan.

Sama halnya dengan kasus Quito di Ekuador; sebuah kota yang terletak hampir tepat di garis khatulistiwa. Sementara suhu di dataran khatulistiwa berhutan di bawah Quito tetap 80-85 F sepanjang tahun dan kelembaban relatif yang tinggi memperburuk keadaan. Quito, bagaimanapun, menikmati suhu rata-rata 55 F setiap bulan dalam setahun; mengingat ketinggiannya sekitar 10.000 kaki di atas permukaan laut. Maka, tidak diragukan lagi bahwa Quito disebut negeri musim semi abadi oleh para ahli meteorologi di seluruh dunia.

Kasus Oooty di Perbukitan Nilgiri Selatan India dan stasiun Nuwera Eiliya di Srilanka serupa. Karena kedua stasiun ini terletak jauh di atas 7000 kaki, suhu rata-rata tetap 60 -65 F sepanjang tahun, menjadikan stasiun ini tempat terbaik untuk tinggal di negara masing-masing. Omong-omong, kedua lokasi ini adalah favorit Inggris selama era Kolonial.

Maka, dari atas, ketinggian dataran tinggi yang terletak di sabuk khatulistiwa, mengubah iklim begitu dramatis sehingga mengubahnya dari iklim panas dan lembab menjadi iklim yang sejuk dan menyenangkan. Memang beberapa tempat di dunia dapat meningkatkan iklim yang lebih baik daripada stasiun bukit ini.